Langsung ke konten utama

Fiqh Munakahat : ِSurah An Nisa : 21

Fiqh Munakahat

Bersama Ustadz Kemas Mahmud  al-Hanif
Jum'at, 10 Januari 2020
Daarul Mahabbah
Kitab rujukan Mahkota Pengantin karya Madji bin Manshur bin Sayyid Asy-Syuri

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيم
ِSurah An Nisa : 21

Allah SWT berfirman:

... وَأَخَذْنَ مِنْكُمْ مِّيثٰقًا غَلِيظًا
"...Dan mereka (istri-istrimu) telah mengambil perjanjian yang kuat (ikatan pernikahan) dari kamu."
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 21)


 📚Pernikahan disebut dengan ibadah yang kuat karena📚
1. Ibadah yang paling lama
    Berpuluh2 tahun bersama pasangan.
    Kalau *sholat* ada yang 5 menit, 3 menit, 
    10 menit,  dll
    *puasa* mulai dari terbitnya fajar hingga
    terbenamnya matahari
 2. Belajar yang paling lama
      Belajar menjadi ayah,  ibu,  dll
 3. Hubungan yang lama

📒Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah dilihat dari akhlaqnya📒
  📌 Empat Perkara yang dilakukan didalam
        rumah tangga
        1. Kalau pengen akhlaqnya baik,  Suami-
            istri harus memiliki wajah yang 
            berseri-seri
           
           Doa nya :
           اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya:

"Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku"

  Amalannnya dengan menjaga wudhu.
Terkadang ketika kita bertemu seorang yang bukan mahram,  yang belum tau tidak boleh nya bersalaman, dan kita ingin menjaga wudhu, bilang saja maaf masih wudhu.  InsyaAllah orang lain itu juga makin lama mengerti ada hukumnya.

2. Lisan yang selalu berkata baik
    Kalau marah pun menggunakan kata-kata.   yang baik
    Kalau ngak suka pilih kata-kata yang terbaik

3. Hati yang bertaqwa

4. Tangan yang longgar/ringan
      Mudah untuk memberi sedekah suami-istri.
      Memudahkan untuk belajar/menuntut ilmu agama suami-istri

 💎Perempuan yang baik tidak menuntut mahar yang banyak/mahal

Tetapi

💍 Lelaki yang baik memberikan mahar yang terbaik


 🌹Umar bin Khattab r. a
" Jika menikah hanya dengan dilandasi dengan rasa cinta,  dimana posisi iman? "

Banyak org yang menikah lalu cerai

Kita harus tau kunci rumah tangga adalah iman🌹

🍂Tidak semua cinta melahirkan iman,  tapi iman InsyaAllah akan melahirkan cinta🍂

Ali r. a rela menjadi kuli untuk kehidupan untuk kehidupan rumah tangganya

Fatimah Az-Zahra tangannya menjadi kasar karena menumbuk gendum

🌼 Menikah karena iman,  akan kuat selama-lamanya 🌼

Ketika ada orang sholeh yang memperkenalkan sosok wanita/lelaki sholeh maka ambilah 🍃 firasat orang sholeh itu bagus

Orang tua harus ridho terhadap pernikahan anaknya (alasan syar'i)

Meletakkan busur panah dirumah termasuk sunnah

 Nama kuda nabi  as-Sakb (kuda kesayangan nabi)

🐫 Nama onta nabi Al-Qashwa.

Bejana nabi pun ada namanya 🍃 silakan namakan benda2 kita (motor, dll)

Nama pintu surga yang besar : sakhoya

 🌾kalau kita marah hilang 1/3 akal

 🌳Kisah Muhajirin dan Anshar terhadap harta ghanimah🐝

Singkat nya: kaum muhajirin banyak mendapat harta ghanimah,  kaum anshor menjadi iri
Maka rosulullah saw bersabda " (mereka mendapat harta (harta itu bersifat dunia,  akan hilang,  tapi kalian sekarang pulang bersama ku, membawa ku..)

Menangis lah kaum Anshor ..

 🌳Ini cerita potongan dari website, ceritanya seperti ini.. 
....
Rasul melanjutkan “ Apakah di hati kalian saudara-saudara Anshar masih ada hasrat akan dunia? Dengan sekelumit dunia itu aku ingin mengambil hati segolongan orang agar mereka memeluk islam, sementara aku sudah yakin dengan keislaman kalian. Tidakkah kalian rela, wahai saudara-saudara Anshar. Orang-orang itu membawa kambing dan unta sedangkan kalian pulang kekampung kalian membawa Rasulullah? Demi Dzar Yang jiwaku didalam genggaman-Nya, kalaulah bukan karena hijrah pasti aku termasuk orang Anshar. Seandainya orang-orang berjalan ke bukit dan orang-orang Anshar ke bukit lain, pasti aku berjalan ke bukit kaum Anshar”.

Kaum Anshar menangis mendengar ucapan Rasulullah, kemudia Rasul menyambungkan ucapannya “ Ya Allah, rahmatilah orang-orang Anshar, anak-anak orang Anshar dan cucu-cucu orang Anshar”. Kaum Anshar semakin menangis hingga air mata membasahi pipi dan jenggot mereka.

Mereka berkata,“Kami ridha kepada Rasulullah dalam soal pembagian dan jatah bagian”. Rasulullah bersabda “Seandainya dunia ini sama nilainya dengan sayap nyamuk di sisi Allah, niscaya ia tidak akan memberikan minuman dari dunia itu kepada ornag kafir, meskipun hanya seteguk air” (HR. Tirmidzi. Syeikh Albani menshahihkan Hadist ini)

https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/ohyn3k313


🍁 jatuh atau tidak talak apabila, ketika suami bilang ke istrinya " Pulanglah,  kerumah ibu mu" ??

Talak ada dua
1. Talak shariih (to the point/talaq yang dilakukan oleh suami kepada istrinya dengan ucapan lisan yang jelas).  misal "kita cerai"
2. Talak kinaayah (kiasan)  misal "pulanglah kerumah ibu mu"
 Kalau menurut ulama syafi'iyah -tergantung niat- jatuh kalau maksudnya ingin cerai.


🌸 Bukti dari cinta kita (yang tak mendasari fisik)  kita tak pernah melihat wajah rosulullah, mendengar suara rosulullah,  dll.  Tapi kita sekarang sangat cinta kepada rosulullah.

🌸 ya tapi tetap kita melihat dari sosok pasanggan juga dari wajahnya.  Tetapi bukan kah melihat dari agamanya lebih utama?

Tambahan dari website ya

“Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

“Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. Tirmidzi. Al Albani berkata dalam Adh Dho’ifah bahwa hadits ini hasan lighoirihi)


Simak selengkapnya disini. Klik https://muslim.or.id/657-memilih-pasangan-idaman.html

🌹 Ketika Umar bin Khattab r. a menangis
,    karena melihat kondisi rumah rosolullah
 (di youtube ada replikanya)

Kisahnya kayak gini  :
Dalam kitab Hayât al-Shahâbah dikisahkan, bahwa suatu ketika Hafs, kawan dekat Umar bin Khattab semasa menjabat khalifah, selalu menolak makan bersamanya. Ia mengkritik makanan khalifah yang terlalu sederhana.

Ia mengatakan bahwa makanan keluarganya lebih baik dari pada makanan Umar. Umar berkata, “Kalau aku mau, aku dapat menikmati makanan terbaik dan pakaian terindah. Tetapi aku sisakan kesenanganku untuk hari akhir. Astabqî thayyibatî.”

Umar bin Khattab berlaku demikian karena mencontoh sunah Rasulullah saw. Ia kemudain bercerita, “Aku pernah minta izin menemui Rasulullah. Aku mendapatkan beliau sedang berbaring di atas tikar yang sangat kasar.

Sebagian tubuh beliau berada di atas tanah. Beliau hanya berbantal pelepah kurma yang keras. Aku ucapkan salam kepadanya dan duduk di dekatnya. Aku tidak sanggup menahan tangisanku.”
“Mengapa engkau menangis, hai putra Khattâb?” Rasulullah bertanya.

“Bagaimana aku tidak menangis. Tikar ini telah menimbulkan bekas pada tubuh engkau. Engkau ini Nabi Allah, kekasih-Nya. Ke kayaanmu hanya yang aku lihat sekarang ini. Padahal di tempat sana, Kisra dan Kaisar duduk di atas kastil emas, berbantalkan sutra.” kata Umar bin Khattab.

Nabi yang mulia berkata, “Mereka telah menyegerakan kesenangannya sekarang juga; kesenangan yang akan cepat berakhir. Kita adalah kaum yang menangguhkan kesenangan kita untuk hari akhir kita. Perumpamaanku dengan dunia seperti seseorang yang be pergian pada musim panas. Ia berlindung sejenak dibawah pohon, kemudian berangkat dan meninggalkannya.”🌹

https://bincangsyariah.com/khazanah/ketika-umar-bin-khattab-menangis-di-hadapan-rasulullah/


Wallahu A’lam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meminta yang Terbaik dari Nya

 Terkadang dengan terbuka nya curhatan kita, tak sedikit membuka luka baru. Yang pelan-pelan menyayatkan luka semakin dalam. Dengan keadaan yang seperti ini, semakin kuat panjatan doa ku "Semoga Allah swt mengirim kan yang terbaik, untuk disisi ku." Goresan-goresan yang ada, membuat ku perlahan-lahan ikut mundur, setelah mengetahui bilik-bilik didalam nya. Rasanya memang lebih baik, bukan yang ada disekitar ku sekarang dan yang lalu (yang hanya terpendam dihati dengan membisu kecuali pada Nya, dan mulai ku buka pada sohib2 sejati). Walaupun harapan itu mungkin terjadi tetapi kehendak-Nya, hanya sang ilahi yang lebih mengetahui. Doa yang terbaik untuk mu, sang kekasih. Semoga Allah swt, selalu meridhoi jalan aku dan kamu, untuk kini, nanti, dan sampai akhirat nanti😇 Yakinlah setiap manusia sudah ditakdirkan akan memilki pasangan yang terbaik dari Nya. Tinggal kita yang harus selalu berikhtiar dan berdoa selalu pada Nya. Dan lewatilah segala ujian dengan selal

UKHUWAH ISLAMIYAH

UKHUWAH ISLAMIYAH Makna dan Hakikat Ukhuwah Menurut Imam Hasan Al-Banna, ukhuwah Islamiyah (persaudaraan Islam) adalah keterikatan hati dan jiwa satu sama lain dengan ikatan aqidah. Ukhuwah Islamiyah adalah satu dari tiga unsur kekuatan yang menjadi karakteristik masyarakat Islam di zaman Rasulullah, yaitu  pertama, kekuatan iman dan aqidah.  Kedua, kekuatan ukhuwah dan ikatan hati.   Dan ketiga, kekuatan kepemimpinan dan senjata. Dengan tiga kekuatan ini, Rasulullah saw membangun masyarakat ideal, memperluas Islam, mengangkat tinggi bendera tauhid, dan mengeksiskan umat Islam atas muka dunia kurang dari setengah abad. Sekarang ini, kita berusaha memperbaharui kekuatan ukhuwah ini, karena ukhuwah memiliki pengaruh kuat dan aktif dalam proses mengembalikan kejayaan umat Islam. Kedudukan Ukhuwah Islamiyah Ukhuwah adalah nikmat Allah, anugerah s

10 SEARCH ENGINE

10 Search Engine Terpopuler      Search Engine mungkin sudah tidak asing lagi bagi sobat semua. Search Engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.(Wikipedia). Kali ini saya akan share tentang berbagai macam search engine yang saat ini cukup populer menurut TD Work Group, check it out. 10.   Netscape Search       Netscape Communications (sebelumnya dikenal sebagai Netscape Communications Corporation dan umumnya dikenal sebagai Netscape) adalah sebuah perusahaan jasa komputer AS, paling dikenal untuk Netscape Navigator , yang browser web . Ketika itu sebuah perusahaan independen, kantor pusatnya berada di Mountain View, California . 9.   Lycos      Lycos, Inc adalah mesin pencari dan portal web didirikan pada tahun 1994. Lycos juga mencakup jaringan email, webhosting, jaring